Assalamualaikum Wr.Wb, SELAMAT DATANG di BLOG DUNIA MADRASAH Semoga kita selalu dalam Lindungan-Nya Amiiin...

Breaking News

Jumat, 09 November 2018

Sinkronisasi dan Validasi Data EMIS Tapel 2018/2019

SINKRONISASI DAN VALIDASI DATA
EMIS MADRASAH TAHUN 2018

 UPDATING DATA EMIS GANJIL 2018/2019



1. Pendataan EMIS Ganjil 2018-2019

Data berkelanjutan yang berasal dari data 2017-2018 semester genap

>>> Membangun/memperkuat master data referensi EMIS 

* Data Lembaga : data profil lembaga (termasuk data sarpras, data kurikulum, data kegiatan ekskul, data keuangan, dll);
* Data Siswa : Siswa by name dan data detail siswa;
* Data PTK dan Pengawas : PTK by name dan data detail PTK dan Pengawas;
* Pendataan lembaga, rombel, siswa dan guru madrasah akan dihubungkan dengan jadwal kegiatan belajar mengajar ? untuk mengetahui beban jam mengajar guru
>>> Proses updating data EMIS (lembaga, siswa & PTK) saat ini menggunakan system penjadwalan.


1.a. Data Kelembagaan (profil)
  1. Profile Lembaga
  2. Lokasi dan Kontak
  3. Jarak ke Lokasi tertentu
  4. Perijinan dan Sertifikasi
  5. Akreditasi
  6. KKM
  7. BOS
  8. DIPA
  9. REKAP SISWA
  10. REKAP GTK
  11. KBM
  12. Keuangan dan Bantuan
  13. Penerimaan dan Pengeluaran
  14. Prioritas Bantuan
  15. Bantuan yang pernah diterima
  16. PIP dan BSM
1.b. Data Kelembagaan (sarana)


>>> Kepemilikan Tanah
>>> Rincian Data Ruangan
    >>> Kondisi
    >>> Rombel Siswa
    >>> Detail Ruangan
>>> Ketersediaan Listrik
>>> Ketersediaan Sanitasi
>>> Ketersediaan aringan Internet

1.c. Data Kesiswaan
  • Profil Siswa
  • Informasi kebutuhan Khusus
  • Tempat Tinggal
  • Informasi Orang Tua
  • Alamat Orang Tua
  • Informasi PIP
  • Riwayat Lomba
  • Riwayat Beasiswa
  • Riwayat UN
  • Status Akhir (lulus)
  • Infomasi Lulusan

1.d. Data GTK

  1. Profil
  2. Status Keaktifan
  3. Riwayat Kepegawaian
  4. Riwayat Pendidikan
  5. Inpassing
  6. Penugasan Pendidik
  7. Informasi Sertifikasi
  8. Informasi NRG
  9. Tunjangan
  10. Penghargaan
  11. Pelatihan
  12. Tempat Tinggal
  13. Keluarga
  14. Test kebahasaan
  15. Penugasan Tenaga Kependidikan

2. Jadwal belajar Mengajar

Mengalokasikan Jam dan Hari Guru TP 2018/2019 semester Genap

Sumber Data EMIS 2018-2019

  1. Siswa di ambil dari data sekolah asalnya (madrasah) sehingga referensi data terjaga.
  2. Siswa kelas akhir sudah luluskan
  3. Siswa jenjang sebelumnya sudah dinaikan
  4. Siswa Mutasi (masuk-keluar)
PRIORITAS EMIS SEMESTER GANJIL 2018-2019

Tahap I

I.a. Kelembagaan

Melengkapi Profil Lembaga
Sarana dan Prasarana  Ruang Kelas
Konfigurasi Ruang Kelas atau minimal Ruang Kelas/Rombel sudah cukup/ perbaikan  nama dan kelas dapat dilakukan pada template


I.b. Kesiswaan 

Melengkapi Profil Melengkapi Alamat
Mengisi Data Kebutuhan khusus (jika mengalami kebutuhan khusus)
Mengisi data orang tua
Melengkapi data UN Jenjang sebelumnya (jika ada)
Langkah-langkah diatas dapat dipersingkat melalui cara yang lebih singkat (halaman Pembaruan Aplikasi Pendataan EMIS (6)).

I.c. PTK (Kepala sekolah)

Data Kepala Sekolah dapat dilakukan dengan menambahkan tugas-tambahan pada madrasah.
Menambahkan Profil PTK yang belum ada.
Mengalokasikan Tugas Tambahan Diluar Satminkal pada PTK Satminkal


Menambahkan Profile PTK  Baru

Tahap II

II.a. PTK - Detail

  1. Melengkapi data-data detail dati PTK 
  2. Menyiapkan dan melakukan upload hasil pindai dokumen yang terkait (dapat dilakukan berlakangan) 
  3. Pengisian Data Riwayat/Historical dapat dilakukan dengan mengisikan dari yang riwayat terakhir kemudian riwayat sebelumnya hingga selesai. Contoh PTK dengan nama Anwar Nugtoro memiliki Jenjang Pendidika terkahir S2, maka pengisian riwayat Pendidikan dimulai dari S2, S1, … dst. 
  4. Proses Penambahan PTK Baru, hanya berlaku untuk PTK Satminkal, dan data yang dimasukan data Profil Utama. Untuk PTK Non Satminkal dapat menambahkan Tugas Tambahan PTK pada Sekolah/madrasah Satminkalnya. Setelah dilakukan proses verifikasi oleh kabupaten/kota selanjutnya dapat mengisikan data detail dari PTK.
  • Profil
  • Status Keaktifan
  • Data Kepegawaian
  • Kualifikasi Pendidikan
  • Status Inpassing
  • Aktifitas Penugasan
  • Informasi Sertifikasi
  • Informasi NRG
  • Tunjangan
  • Penghargaan
  • Pelatihan
  • Penugasan Tenaga Kependidikan
  • Tempat Tinggal
  • Keluarga
  • Test Kebahasaan
Aktifitas belajar / Penjadwalan Pengawas

II.a. (Aktifitas Belajar)
Melengkapi data aktifitas belajar mengajar dengan melengkapi jam dan hari

II.b. (Pengawas
Melengkapi data-data detail data pengawas

  1. Profil
  2. KTP dan KK
  3. Tempat Tinggal
  4. Riwayat Jabatan
  5. Riwayat Penugasan
  6. Riwayat Pendidikan
  7. Status Kepegawaian
  8. Riwayat Kepegawaian
  9. Pokjawas
  10. Tugas Belajar
  11. Riwayat Sertifikasi
  12. NRG
  13. Riwayat Penghargaan
  14. Riwayat Diklat
  15. Karya Tulis
  16. Guru Binaan

II.c. (Pengawas)

Merupakan Updating data, melengkapi data yan belum diisi.

Pengisian Data dimulai dengan mengisian Isian, lalu melengkapi data Dokumen hasil scan/pindai dokumen.

Untuk Pengawas baru, proses dapat dilakukan proses penambahan oleh Kabupaten/Kota, penambahan hanya pada profil utama. Setelah dilakukan itu pengawas dapat mengisikan data detail secara mandiri.


PEMBARUAN APLIKASI

Pembaruan Aplikasi Pendataan EMIS (1)
  1. Informasi Lembaga
  2. Informasi Siswa
  3. Informasi PTK
  4. Ringkasan Siswa
  5. Mutasi Siswa
  6. CAPESUN
  7. Template Pendataan
  8. Upload CSV
  9. Konfirmasi DATA
Mutasi Siswa

Jika siswa mutase ke Lembaga lain Pengisian NPSN Tujuan harus Valid, jika tidak maka data bias menjadi salah madrasah tujuan
Proses Perpindahan marus melalui persetujuan kab/ko
Setelah disetujui, siswa akan masuk pada siswa aktif madrasah tujuan
Lembaga Asal dapat melakukan pencetakan Surat Pindah

  1. Informasi Lembaga
  2. Informasi Siswa
  3. Informasi PTK
  4. Ringkasan Siswa
  5. Mutasi Siswa
  6. Mutasi PTK
  7. Template Pendataan
  8. Upload CSV
  9. Konfirmasi DATA
  10. CAPESUN
Dunia Madrasah

Dunia Madrasah

Dunia Madrasah


CAPESUN

File yang dihasilkan masih dalam bentuk .ez
Cetak Berita Acara

Untuk dapat mempercepat proses Pembuatan File .ez :
Pastikan Rombel/Ruang Kelas sudah di konfigurasi
Pindahkan Siswa yang akan UN dari menu kesiswaan ? capesun
Unduh Template Kelas Akhir/CAPESUN
Lengkapi data sesuai petunjuk
Simpan menjadi csv
Unggah melalui Template?unggah/upload

  1. Template
  2. Template data PPDB
  3. Template Data Ruangan
  4. Template data siswa CAPESUN

Template PPDB

Siswa yang diupload pada PPDB adalah Siswa Baru yang berasal dari Sekolah Umum (TK, SD, SMP, SMA).
Pastikan Penulisan Nama, Tempat Lahir, Tanggal dan Lahir benar, sebelum menambahkan kedalam system. system tidak menerima perbaikan Nama, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.
Data yang diupload, merupakan data per Rombel per Jenjang Pendidikan .
Apabila dikemudian hari ditemukan siswa yang berasal dari madrasah di upload melalui menu PPDB ini, Madrasah menerima sebab akibat (sanksi) yang ditimbulkan dikemudian hari.
Dilarang menambahkan kolom template.
Baca Petunjuk Pengisian (terdapat dalam file excel).
Jika sudah diunggah/upload siswa dapat dilihat pada menu kesiswaan ? PPDB
Untuk masuk ke dalam siswa aktif, madrasah harus melakukan konfirmasi dan menandatangani surat pernyataan PPDB sebagai kontroling Kab/Ko

Template Data Ruangan

Melengkapi Kelas,
Nama Rombel,
Jurusan,
Bahasa dan
Kurikulum 

Referensi Kode dapat diunduh di template pada kolom keterangan
Kelas diisi dengan 1,2,3… 12
Nama Rombel diisi dengan 2 digit angka, misalnya 01, 02, 03…
Nama Rombel akan berulang untuk jenjang yang berbeda. Misalnya Kelas 1 Nama Rombel 01, 02, 03. Kelas 2 Nama Rombel 01, 02, 03.
Nama Rombel bukan angka yang ebrsambung untuk semua kelas. Misalnya Kelas 1 nama rombel 01, 02, 03 kemudian Kelas 2 Nama rombelnya 04, 05, 06

Cara Menyiapkan File CSV (1)

Buka File Template (xls)
Lengkapi data sesuai ketentuan
Menu File ? Simpan Sebagai
Pilih Folder/direktori
Ketik Nama File
Pilih jenis File : CSV (MS-DOS)(.csv)
File yang sudah disimpan dapat dilihat dengan menggunakan editor notepad atau sejenisnya
Jika melakukan perubahan, ubahlah dari file sumber (xls)

Permasalahan File CSV (1)

Dunia Madrasah

Dunia Madrasah

Dunia Madrasah


Data Tidak terlihat!
Hal ini dikarenakan pada saat menyimpan file csv secara tidak sengaja menggunakan pemisah bukan koma /“,”  dikarekan default system

Dapat diperbaiki dengan merubah regional setting menjadi English (UK) menyimpan ulang file csv

Data terlihat tetapi tidak ada Tombol Simpan!
Dikarekan terdapat baris mengandung data kosong pada file data .csv

Dapat diperbaiki dengan membuka file .csv dengan menggunakan notepad atau sejenisnya dan menghapus baris yang mengandung data (,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,)


FAQ (1)

NSM tidak ditemukan
Belum masuk jadwal atau belum ada direferensi
Cek jadwal atau cek referensi Lembaga pada akun kab/ko

Gateway timeout
Lalu lintas server padat
refresh

Can not connect database
Beban server database padat
refresh

Siswa ganda
Terjadi dikarenakan pada saat pengisian mengklik tombol simpan lebih dari sekali atau refresh
Dapat dihapus melalui e-monitor akun kab/ko

Siswa Ganda (aktif)
Dihapus melalui akun madrasah

Referensi siswa kosong
Dihapus melalui akun madrasah

Referensi siswa kosong (jika diklik detail datanya ada)
Jangan melakukan mutasi atau perubahan data profil, system akan melakukan sync data profile pada siswa-siswa tersebut.


Pembaruan Aplikasi E-MONITOR

Konfigurasi Nama Kasi SI
Ubah Nama dan Tanggal lahir Siswa
Approval Mutasi Siswa
Approval PPDB
Monitoring CAPESUN
Monitoring Updating Data

Proses Pengajuan susulan Sumber Data Semester Ganjil 2018-2019
Data Siswa Madrasah tertinggal dan Siswa RA
Proses Pengajuan selanjutnya (setelah susulan) hanya siswa kelas awal

INTEGRASI DATA

Integrasi Data Pendidikan Islam (1)

RENCANA PENGEMBANGAN

Aplikasi
Reporting Kanwil
Reporting Pusat

Infrastruktur
Penambahan/Upgrade Server Database


demikian yang dapat kami DUNIA MADRASAH sampaikan... jangan lupa berbagi ya...

Dunia Madrasah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by MUHAIMIN_silmi